Fitur iOS 10 Sudah Ketauan !

Apalagi kalo bukan WWDC (Worldwide Developers Conference), event yang paling ditunggu sama para Apple Fanboy. Di event ini, banyak hal baru seputar produk Apple dikenalin dan didemo secara dramatis. Dari jaman Steve Jobs, event ini selalu berhasil bikin audience yang nonton langsung dan yang streaming online pada mangap akan canggihnya development-development baru dari Apple. Ngga terkecuali di WWDC 2016 semalem (13/06/2016).

Karena diadain di tanggal 13 (yang katanya tanggal apes), WWDC kali ini ngenalin 13 fitur baru yang oke banget. Dibuka sama CEO Apple Tim Cook, yang paling jadi sorotan di event kali ini adalah ketika akhirnya Apple dapet hidayah untuk ngeganti nama OS untuk Macbook-nya. Ngga ada lagi yang namanya OS X, sekarang resmi jadi MacOS (akhirnya…). So, sekarang line-up OS mereka enak didengernya; iOS, MacOS, WatchOS dan tvOS. | All about OS 😀

iOS-10-widget_generalits.wordpress.com

Wahaha… ketawan nih banyak yang ngelongkap baca langsung kesini. Wajar, karena iOS 10 adalah update yang paling ditunggu-tunggu sama seluruh Homo-sapien di muka bumi. Update-an kali ini bakalan jadi game-changing banget di dunia smartphone, soalnya iPhone berhasil develop algoritma ekstrim untuk munculin fitur yang di smartphone lain belum ada (2-3 bulan kedepan sih pada latah) *ehh 😀

Di iOS 10, ngga usah galau sama bloatwares alias aplikasi bawaan yang ngga penting. Beberapa aplikasi bawaan sekarang bisa kita remove dari home-screen dan bisa install lagi nanti via AppStore. Beberapa apps yang bisa diapus adalah Stocks, Compass, dan FaceTime. Anehnya, apps macam Music, Note, Calendar pun bisa diapus juga (What the…?), siapa pula mau ngapus Music dari hidup yang udah berat ini?. | Wahh asik kan guys bisa hapus aplikasi bawaan yang nyampah haha 😀

Yay! Walopun agak… ehem! TELAT, seenggaknya sekarang terbit Widget di lock-screen iOS. Yup, perubahan besar-besaran ada di lock-screen iOS. Mulai dari widget, auto-wake cuma dengan angkat hape, 3D Touch untuk interaksi sama notifikasi, Control center Music, dan Swipe kiri untuk akses kamera. | Mantap dah seger banget 😀

Aplikasi Message makin canggih guys! Bahkan canggihnya fix ngalahin seluruh aplikasi messenger yang ada di dunia saat ini (beneran ini… serius). Sekarang kita bisa ketik multiligual tanpa switch keyboard. Kemudian ada fitur Tapback dimana kita bisa respon message secara kilat pake 6 emoticon macam di sosmed Path. Intelligent schedulling yang bisa masukin message janjian kamu langsung ke reminder/calendar, emoji yang lebih besar, teks yang membesar (cocok buat nulis “Wooooii!! Baless!!!”), dan Auto-emoji yang bisa convert sebagian teks kamu jadi emoji, daamnn!!. hahaha 😀


Recomended News :


Udah gitu doang? oh no… di Message, sekarang kamu bisa ngirim Invincible Ink. Ini fitur yang kocak, jadi apapun teks/photo yang kita kirim, bakalan tampil macam kelap-kelip doang di hape si penerima. Buat ngebukanya, digosok dulu macam undian Ale-ale. Fitur ini cocok buat ngasih surprise atau bikin penasaran, contohnya kalo kita ngirim begini ke mantan “hey… minggu depan aku nikah”. Oiya, percaya ngga kalo kita ngetik “Happy New Year” di Message, seisi layar kita bakalan ada kembang api? Beneran… bahkan ngetik “Happy Bday” pun bakal muncul balon-balonan! Yup, thanks to fitur Full-Screen Effect. | Mantap banget udah ini iOS 10 😀 😛

Well… karena masih banyak fitur baru lainnya di iOS 10, supaya ringkas nih Admin kasih point by point aja yah:

  • Apple Music rubah tampilan 100%, lebih kece pastinya
  • Di Maps, sekarang bisa reservasi restoran dan ada Quick Control
  • Maps juga bisa suggest rute langganan kamu begitu dibuka, pinter…
  • News juga ganti tampilan, walopun kalian sukanya baca generalits.wordpress.com
  • Ada App Drawer di Message untuk integrasi sama aplikasi lainnya
  • Bisa ngirim tulisan tangan lho di message, ngga melulu kudu ngetik dan emoji doang
  • Ngirim link website dan video di Message? Ada live-preview! Grrr… keren
  • Perubahan besar di aplikasi HomeKit, Home
  • Ada fitur Memories dan Face Recognition di Photos
  • Voicemail dari orang bisa di-convert otomatis jadi teks (ngga kepake di Indonesia lah)

Kira-kira semua diatas adalah update yang dikenalin di WWDC 2016 kemaren. Selain upgrade fitur dan ngenalin fitur baru, sebenernya ada kabar yang lebih greget kalo kata Om MadDog. Siri dan Message sekarang udah open untuk developer lho dimulai hari ini. Artinya, kedepannya kita bisa akses dan nyuruh-nyuruh Siri untuk ngelakuin navigasi di apps macam WhatsApp, Snapchat, Facebook, dll.

Gimana menurut kalian sama fitur terbaru dari iOS 10 kemaren ? Keren ga? Bagikan di kolom komentar yah 😀 😛

Advertisements

5 thoughts on “Fitur iOS 10 Sudah Ketauan !

  1. Pingback: New Fitur Reply Whats App ! | Information Technology System

  2. Pingback: E-Go Pesawat Mungil Yang Bisa Masuk Garasi, Yuk Beli ! | Information Technology System

  3. Pingback: Playstation VR Segera Dirilis 13 Oktober | Information Technology System

  4. Pingback: Sekarang Twitter Bisa Nge-retweet dan Ngutip Tweet Sendiri Lho! | Information Technology System

  5. Pingback: (Preview) – iOS 10 dengan 10 Fitur Perubahan Besar | Information Technology System

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s