Review Shadow Bug, Petualangan Ninja Penyelamat Hutan

Selain terjadi secara alami, kerusakan hutan biasanya lebih diakibatkan oleh adanya ulah manusia. Banyak dari perusahaan besar yang menebang pohon secara sembarangan sehingga membuat pemukiman disekitarnya rentan terkena banjir. Namun ironisnya, banyak orang tidak sadar bahwa hal itu juga dialami oleh para hewan. Mereka terpaksa harus mencari tempat tinggal lain karena hutan yang menjadi tempat tinggalnya telah hilang.

Ide ini sepertinya digunakan oleh tim pengembang Muro Studios untuk membuat Shadow Bug, sebuah game tentang misi balas dendam seekor serangga, yang kehilangan rumahnya ketika perusahaan jahat di dunianya telah menghancurkan seluruh hutan.

Klik disini jika video diatas tidak muncul

Pembalasan Dendam Seekor Ninja Berbentuk Serangga

shadowbug-2
Pada game ini, pemain akan diajak bermain sebagai seekor ninja berbentuk serangga. Sebagai seekor ninja kalian mempunyai misi penting yaitu mengumpulkan bola roh dan memberi pelajaran kepada perusahaan jahat yang telah merusak dan mengotori hutan tempat tinggal kalian. Tentunya, perusahaan jahat tersebut akan mengirimkan pasukannya yang tidak sedikit, oleh karena itu, sebagai bekal untuk melawan para musuh tadi, karakter dari pemain akan dibekali dengan dua pedang sekaligus, yang dapat membunuh musuh secara instan, dalam sekali tebas saja.

Halangan dan rintangan pun terus bertambah seiring dengan jauhnya petualangan pemain dalam Shadow Bug. Selain musuh yang jumlahnya tak terhitung tadi, pemain juga akan berhadapan dengan kerusakan hutan itu sendiri, seperti adanya duri tajam pada pepohonan, serta air beracun yang harus dihindari. Sekali sentuh saja, maka karakter pemain akan mati, dan pemain harus mengulangi level tersebut dari awal. Oleh karena itu, pemain harus berhati-hati dalam bergerak.

Pada akhir dari setiap levelnya, permainan akan dihadiahi dengan tiga bintang. Namun ada syarat yang harus pemain penuhi sebelum mendapatkan ketiga bintang tersebut. Bintang pertama akan secara otomatis didapatkan setelah pemain berhasil menyelesaikan satu level tersebut. Bintang kedua akan didapatkan apabila pemain berhasil mengumpulkan semua bola roh yang ada di level tersebut. Sedangkan bintang terakhir akan didapatkan apabila pemain berhasil menyelesaikan level tersebut dalam rentang waktu yang telah ditentukan.

Kendali yang Khusus Dibuat Untuk Layar Sentuh

shadowbug-3
Jika seekor ninja biasanya mempunyai gerakan yang cepat dan serangan yang mematikan, maka seekor ninja serangga yang satu ini justru memiliki banyak kekurangan. Karakter ninja yang pemain mainkan justru tidak akan bisa berlari cepat atau bahkan melompat sama sekali. Jangankan berlari, pada saat berjalan pun, sang ninja serangga bahkan tidak bisa bergerak cepat.

Namun sang ninja tetap memiliki kekuatan khas miliknya sendiri, yaitu serangan cepat satu kali tebas yang dapat membunuh apapun dalam waktu singkat. Sang ninja akan melesat ke arah musuh dengan sangat cepat serta membunuhnya sekaligus. Dan pemain bisa menggunakan serangan ini kapanpun dan dimanapun sang ninja berada. Sehingga, kemampuan ini bisa digunakan untuk mendapatkan ketiga bintang tadi, sesuai dengan syarat misi yang diberikan pada setiap levelnya.

Kendali pada Shadow Bug sangatlah sederhana dan mempunyai desain khusus yang dibuat agar bisa dimainkan dengan satu jari saja. Untuk berjalan ke kanan, pemain dapat melakukan tap pada bagian kanan layar. Begitu juga sebaliknya, untuk berjalan ke arah kiri, pemain harus menekan layar bagian kiri. Serangan akan otomatis diluncurkan ketika pemain melakukan tap pada musuh, dan serangan ini bisa dilakukan berulang kali, sebanyak yang pemain inginkan.

Grafis Bergaya Siluet Dipadukan Dengan Efek Suara Yang Menyenangkan

shadowbug-4
Grafis pada Shadow Bug dibuat dengan sederhana dan bergaya siluet, seperti yang terdapat pada game Limbo, ataupun Badland. Musik latarnya pun dibuat dengan baik, dan dipadukan dengan efek suara pedang selayaknya game ninja, membuat game aksi yang satu ini tetap menegangkan di sepanjang permainan.

Sayangnya, Shadow Bug adalah game puzzle platformer yang bisa dibilang cukup pendek. Game ini terbagi ke dalam 26 level, dan setiap levelnya biasanya memakan waktu sekitar satu hingga dua menit saja. Cukup pendek dan jika diasumsikan pemain akan terus bermain, maka kurang dari dua jam game ini bisa diselesaikan.

Namun begitu, tantangan bagi pemain tetap ada. Walaupun singkat, jika pemain berusaha untuk mendapatkan ketiga bintang, maka terkadang pemain harus mengulangi setiap levelnya hingga tiga, empat kali, karena walaupun memungkinkan untuk mendapatkan ketiga bintang dalam sekali coba, hal itu sangatlah sulit untuk dilakukan. Disinilah letak replayability dari Shadow Bug.


Recomended News :


Kesimpulan

Jika kalian adalah seorang pecinta game platformer yang memiliki fase permainan yang cepat, maka Shadow Bug mungkin akan menjadi rekomendasi saya pada saat ini. Kalian memang diwajibkan untuk menjadi cepat pada game ini. Bahkan terkadang, begitu cepat sehingga rasanya mustahil untuk melihat detail dari peta tiap levelnya secara jelas.

Oleh karena itu, jarang sekali saya mendapatkan keseluruhan bola roh, sekaligus mendapatkan waktu yang baik pada satu kali percobaan saja. Saya harus mengulangi levelnya lagi, mencoba untuk menghapal tempat bola roh berada, untuk kemudian mengatur strategi, kapan karakter saya harus menyerang musuh, dan kemana saya harus mengarahkan karakter tersebut.

Grafisnya memang terlihat sederhana, namun aksi didalamnya terus-menerus membuat saya kagum dan tidak ingin berhenti untuk bermain Shadow Bug. Apalagi dengan iringan musik latar yang khas seperti film ninja, membuat saya terus bersemangat saat mengulangi level demi level, untuk mendapatkan skor yang sempurna.

Download Shadow Bug · Harga: 59000

Advertisements

One thought on “Review Shadow Bug, Petualangan Ninja Penyelamat Hutan

  1. Pingback: Information Technology System

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s