Penyebab Cara Mengatasi Baterai HP Android & BB Cepat Panas dan Cepat Habis

Terkadang dan mungkin juga sering terjadi bahwa pengguna smartphone HP Android juga BlackBerry (BB) mengeluhkan handphone-nya kok cepat sekali panas dan baterainya cepat habis!!! Anda perlu mengetahui bahwa ada beberapa fakta mendasar yang wajib diketahui, diantaranya sebagai berikut:

  1. Bahwa ponsel dengan label smartphone selalu menggunakan perangkat lunak (sistem operasi) dengan multifungsi.
  2. Dengan memiliki beragam ‘multifungsi’ yang dikemas dalam istilah ‘aplikasi’ yang melekat pada sistem operasi rentan terhadap crash/kesalahan software, registry, dsb.
  3. Smartphone seperti Android atau Blackberry umumnya memiliki aplikasi yang selalu ON terhadap jaringan internet, dengan kata lain dia akan tetap bekerja walaupun Anda sedang tidak menggunakannya.
  4. Smartphone selalu dibatasi dengan spek-spek pembawaannya seperti kecepatan prosesor, kapasitas memori RAM dan GPU.
  5. Semakin banyak aplikasi yang terinstall dalam ponsel akan menyebabkan beban kinerja yang semakin berat.

Lalu mengapa hp saya kok bisa menjadi cepat panas dan baterai cepat habis? Dibawah ini merupakan penyebab-penyebab secara umum mengapa ponsel smartphone seperti Android dan BlackBerry menjadi cepat panas dan baterai cepat habis

  1. Kapasitas, spesifikasi, hardware ponsel Anda pas-pasan, sedang Anda menggunakan secara berlebihan, terutama penggunaan aplikasi yang berat-berat.
  2. Terlalu banyak aplikasi yang diinstall akan semakin membebani kinerja ponsel Anda, terutama aplikasi yang selalu terhubung ke internet, seperti aplikasi jejaring sosial dan game, contohnya aplikasi Facebook, Twitter, BBM, Skype, Whatsapp. Instagram, Google +1, dsb. Jika aplikasi ini aktif, walaupun Anda sedang tidur aplikasi-aplikasi tersebut tetap bekerja selama terhubung ke internet apalagi jika aktif seluruhnya.
  3. Sering dipakai browsing internet, disaat kita browsing ke internet sumber daya ponsel akan bekerja dengan sangat ekstra, bergantung seberapa besar kekuatan baterai Anda bisa bertahan, lihatlah seberapa besar mAh baterai Anda.
  4. Bahan dasar pembuatan hardware ponsel Anda berkualitas rendah sehingga tidak tahan terhadap panas, akan berdampak buruk.
  5. Kesalahan software baik sistem operasi dan aplikasi yang berjalan terus sehingga membuat prosesor bekerja terus-menerus pada background proses.
  6. Ponsel sering digunakan multitasking artinya menjalankan aplikasi secara bersamaan contohnya mendengarkan musik diiringi bermain Facebook dan browsing internet.
  7. Ponsel tidak pernah “diistirahatkan” artinya ponsel terus menyala, apabila baterai habis langsung dicharge, bahkan saat dicharge masih dipakai, begitu seterusnya, biasakan untuk melepas baterai dan mengistirahatkan ponsel Anda, mesin juga membutuhkan rehat sejenak.
  8. Hardware mesin dan baterai sudah lanjut usia, setidaknya smartphone bisa bekerja pada puncak normal terjadi pada 2 tahun pemakaian pertama (untuk ponsel yang branding), selebihnya akan ada penurunan performa hardware.
  9. Penggunaan charger yang tidak sesuai dengan Voltage dan Ampere mesin dan baterai ponsel bisa menjadi awal penyebab kerusakan/ketidaknormalan hp Anda.
  10. …. dsb

Jika ada hal yang diluar diatas bisa kita diskusikan, sahabat ITS bisa berikan feedback dengan mengisi kolom komentar dibawah ini, terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s