RAM

Pengertian RAM (Random Access Memory) adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi menyimpan data dan instruksi program yang akan dan sudah dieksekusi oleh prosesor. Penyimpanan RAM bersifat sementara, ini artinya setelah komputer dimatikan, RAM akan dikosongkan lalu akan diisi data baru yang diperlukan saat komputer dinyalakan dan dipergunakan. RAM sendiri singkatan dari Random Access Memory. Berbeda dengan tape magnetik atau disk yang harus diakses secara berurutan, isi dari RAM dapat diakses secara random atau tidak mengacu pada letak datanya. Hal ini yang membuat RAM lebih cepat daripada harddisk atau media penyimpanan lainnya.

pengertian ram

RAM sendiri sering disebut sebagai memori utama atau main memory,  memori primer atau primary memory atau memori internal, atau hanya disebut memori, meskipun ada beberapa jenis memori yang terpasang pada komputer tersebut. Fungsi RAMadalah pendukung prosesor dalam pengolahan data dan instruksi dimana ia menyimpan data yang akan dan sudah diolah oleh prosesor. Tanpa RAM, sebuah komputer tidak dapat bekerja karena tidak ada yang menampung input dan output prosesor. RAM dan prosesor harus seiring sejalan. Prosesor yang cepat membutuhkan RAM yang besar untuk bisa bekerja lebih optimal. Prosesor yang lambat diberi RAM besar akan menjadi percuma,meskipun memang ada peningkatan kinerja, namun tidak signifikan. Untuk itulah ada batasan ukuran RAM yang dapat digunakan oleh prosesor.

Modul kapasitas RAM dinyatakan dengan satuan Byte, seperti 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB dan seterusnya.

Jenis-Jenis RAM

Jenis-jenis RAM antara lain

  • NV-RAM adalah memori yang digunakan oleh BIOS (Basic Input Output System) untuk menyimpan settingnya, memori ini memerlukan catu daya supaya simpanannya tidak hilang. Oleh karena itu dalam setiap komputer pasti ada sebuah baterai Lithium kecil yang digunakan sebagai catu daya NV-RAM ini.
  • SRAM (Static Random Access Memory) adalah jenis RAM yang terbuat dari semacam semikonduktor yang tidak memerlukan kapasitor dan tidak memerlukan penyegaran secara berkala sehingga lebih cepat. Namun SRAM memiliki kelemahan, yakni biaya produksinya mahal sehingga hanya tersedia dalam kapasitas kecil dan menangani bagian yang benar-benar penting.
  • EDO-RAM (Extended Data Out Random Access Memory) merupakan RAM generasi pertama yang menggantikan FP RAM di CPU. Memori ini memiliki kapasitas dan kemampuan yang kecil. Jenis RAM ini sudah tidak diproduksi, terakhir bekerja pada komputer dengan prosesor x86 generasi awal awal seperti pentium I dan II.
  • DRAM (Dynamic Random Access Memory) yang merupakan memori semikonduktor yang memerlukan kapasitor sebagai tumpuan untuk menyegarkan data yang ada di dalamnya. RAM ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari EDO-RAM. Namun lebih rendah dibandingkan SRAM. Dalam strukturnya, DRAM hanya memerlukan satu transistor dan kapasitor per bit, sehingga memiliki kepadatan sangat tinggi.
  • DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory) adalah pengembangan dari DRAM yang menggunakan sistem transfer data sinkron namun memiliki kecepatan transfer data yang berlipat. Umumnya memori ini hanya disebut sebagai DDR dan memiliki 3 versi, DDR1, DDR2 dan DDR3. Masing-masing yang membedakan adalah masalah kecepatan transfer data dan jumlah PIN yang ada pada kakinya.

Gambar Jenis-Jenis SDRAM

Demikian adalah pengertian RAM. Semoga ini dapat menambah pengetahuan anda tentang bagian-bagian dalam komputer

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s