Perbedaan Shutdown, Hibernate, Restart, Stand By dan Sleep

1. Shut down

Tombol ini yang mungkin paling sering digunakan oleh pengguna komputer, pasti udah pada tau dong fungsinya untuk mematikan komputer. Artinya mematikan secara keseluruhan semua komponen dalam komputer seperti RAM, Hardisk, Prosesor dan yang lainya dinonaktifkan karena aliran listrik terputus. Pada saat komputer dihidupkan kembali akan membutuhkan waktu yang lama sebab pada saat Shut down RAM akan dikosongkan, Komputer akan Load semua sistem operasi saat dihidupkan kembali. Sutdown digunakan kalau kamu tidak akan menggunakan komputer lagi dalam jangka waktu yang lama.
2. Hibernate
Hibernate hampir mirip dengan Shutdown yaitu mematikan komputer secara keseluruhan perbedaanya pada hibernate, sebelum komputer dimatikan isi dari memori atau RAM disalin ke hardisk terlebih dahulu sehingga ketika komputer dihidupkan kembali tidak membutuhkan waktu terlalu lama karena isi RAM sudah ada di hardisk dan akan diambil alih kembali. Konfigurasi komputer akan tersimpan, jadi saat kamu membuka aplikasi sebelum di hibernate maka pada saat komputer dihidupkan aplikasi tersebut juga terbuka (masih ada). bisa digunakan apabila kamu mau meninggalkan komputer untuk waktu yang cukup lama kemudian berniat untuk memakainya kembali nanti.
3. Restart
Penjelasanya cukup simpel, yaitu kalau kamu memilih tombol ini maka komputer akan di matikan (secara Shutdown) kemudian dihidupkan kembali.
4. Stand By
Pada kondisi ini komputer tidak dimatikan secara keseluruhan, memang semua komponen komputer dimatikan atau diputus aliran listriknya kecuali memori (RAM), mode stand by bisa di bilang hemat energy karena hanya RAM yang membutuhkan listrik. Untuk menghidupkan kembali dapat dilakukan secara instan karena jauh lebih cepat daripada Shutdown dan Hibernate karena isi RAM masih dipertahankan, saat menghidupkan komputer konfigurasinya atau aplikasi yang kamu jalankan masih ada. biasanya digunakan apabila kamu mau meninggalkan komputer dalam waktu singkat karena Stand By sama seperti Pause pada saat bermain Game.
5. Sleep
Komputer akan tertidur saat kamu menggunakan tombol Sleep, windows akan menyimpan semua aktifitas di dalam RAM dan berjalan dengan Power yang sangat kecil dan dapat dihidupkan dalam beberapa detik saja. Sleep bisa berjalan jika masih ada battere dan jika batterenya mau habis maka komputer akan bangun dan masuk ke Hibernate mengcopy semua aktifitas RAM ke dalam Hardisk.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s