Mengenal Perangkat-Perangkat Komputer

perangkat perangkat komputer Mengenal Perangkat Perangkat KomputerKomputer yang kita gunakan sehari-hari, di dalamnya terdapat sejumlah komponen dengan fungsinya masing-masing. Perangkat-perangkat ini saling terhubung hingga komputer dapat bekerja dengan baik. Kerusakan pada satu atau beberapa perangkat akan membuat fungsi komputer menjadi tidak optimal, atau tidak berfungsi sama sekali. Apa sajakah perangkat-perangkat komputer tersebut dan apa pula fungsinya? Perangkat komputer terdiri atas dua jenis, yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).
  • Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras adalah komponen-komponen fisik komputer. Perangkat keras komputer, antara lain sebagai berikut.
1. Monitor
Monitor adalah layar yang menampilkan gambar atau tulisan. Dahulu, monitor komputer berupa monitor tabung hitam putih. Namun, kini monitor telah berkembang menjadi beberapa jenis. Monitor yang paling populer saat ini adalah monitor LCD yang tipis, tingkat radiasinya rendah, dan hemat listrik. Sebagaimana televisi, monitor komputer juga memiliki berbagai ukuran.
2. Mouse
Mouse merupakan unit masukan (input device) selain keyboard. Perangkat ini berfungsi untuk memindahkan kursor atau pointer secara cepat. Mouse juga merupakan perangkat perintah yang praktis dan lebih cepat dibanding dengan keyboard.
3. Keyboard
Keyboard merupakan unit masukan yang berfungsi untuk memasukkan angka, huruf, dan karakter khusus. Keyboard juga berfungsi sebagai media bagi pengguna komputer untuk melakukan perintah-perintah lain terkait dengan pemrosesan data, seperti membuka file, membuka file, mengopi file, dan sebagainya.
4. CPU
CPU (Central Processing Unit) atau biasa disebut processor saja, dikenal pula sebagai otak komputer karena perangkat inilah yang memproses semua perintah yang dimasukkan oleh pengguna.
  • Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak adalah perangkat sistem komputer yang berbentuk digital. Preangkat ini tidak ada bentuk fisiknya, hanya dapat dilihat dalam bentuk tampilan di monitor dan dirasakan fungsinya. Perangkat lunak komputer secara garis besar dibagi menjadi dua kategori berikut ini.
1. Sistem operasi (Operating System/OS)
Sistem operasi adalah program dasar pada sebuah komputer yang menjadi penghubung antara pengguna dengan hardware. Fungsi sistem operasi, antara lain mengontrol pelaksanaan program-program komputer, mengontrol koordinasi input dan output, memproses pengolahan data, instalasi software, dan sebagainya. Ada ssejumlah sistem opreasi yang biasa digunakan oleh pengguna komputer, antara lain  Linux, Windows, dan Mac OS.
2. Sistem Aplikasi
Sistem aplikasi merupakan sarana bagi komputer untuk melakukan suatu tugas sesuai dengan kebutuan pengguna. Contoh sistem aplikasi, antara lain adalah program pengolahan data, pengolah kata dan lembar kerja, pemutar multimedia & game, pembuatan grafik, dan programmer.
Itulah beberapa contoh dari perangkat-perangkat komputer, yang tidak semua pengguna komputer mengetahuinya.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s