Tips Merawat Laptop

  1. Letakkan pada tempat yang keras 
    Mengapa harus diletakkan pada tempat yang keras? Karena, jika anda meletakkan laptop di tempat yang empuk seperti kasur, sofa dan bantal dapat menutup aliran udara panas yang keluar dari laptop yang mengakibatkan sirkulasi udara pada laptop menjadi terganggu.
  2. Jangan sampai baterai dalam keadaan 0% 
    Hal ini masih sering dilakukan oleh mereka yang merasa tanggung untuk segera mengisi atau men-charge laptop mereka. Hal ini mungkin disebabkan karena orang-orang sedang tanggung bermain game, menulis, internetan, dan lain sebagainya. Jika tidak segera di charge, maka laptop akan kehabisan daya dan mati. Nah, kalau hal ini terjadi akan menimbulkan banyak sekali efek yang kurang baik terhadap Baterai (Cycle Count). Saran saya, selagi anda masih bisa men-charge laptop, gunakanlah laptop anda dalam keadaan sambil ter-charge. Hal ini lebih baik. Atau kalau tidak bisa melakukan charge jika baterai sudah berada pada posisi 15%
  3. Tegangan listrik yang stabil 
    Saat anda men-charge laptop anda, perhatikan aliran listrik yang masuk ke adaptor. Tegangan listrik yang tidak stabil, akan membuat adaptor cepat rusak dan membuat baterai anda drop. Biasanya, hal ini terjadi saat men-charge di dalam mobil.
  4. Defrag HardDisk 
    Lakukan defrag hardDisk secara rutin supaya kinerja HardDisk menjadi lebih baik dan mengurangi penggunaan baterai serta komponen hardware lainnya.
  5. Gunakan Cooling Pad 
    Suhu disekitar anda sangat mempengaruhi baterai dan komponen penting yang ada di dalam laptop. Menggunakan laptop yang terlalu lama bisa mengakibatkan panas pada laptop. Maka dari itu, gunakan Cooling Pad sehingga memudahkan sirkulasi udara pada laptop dan mengurangi panas pada komponen yang ada di dalam laptop.
  6. External Device 
    External Device seperti HardDisk Eksternal, WiFi, Bluetooth, dll akan menguras baterai pada laptop anda. Semakin banyak external device yang terhubung, maka akan semakin banyak pula daya baterai yang terpakai. Saya sarankan, jika tidak sedang digunakan, sebaiknya External Device tersebut dilepas dari laptop.
  7. RAM 
    Semakin besar kapasitas RAM pada laptop anda, maka akan membuat baterai laptop anda semakin irit. Karena performa laptop akan lebih ringan, sehingga penggunaan beban baterai berkurang.
  8. Usahakan agar Adaptor selalu terpasang saat anda menggunakan laptop 
    Ternyata masih banyak orang yang salah dengan hal ini. Banyak orang yang menganggap bahwa memasang Adaptor saat menggunakan laptop dapat menyebabkan drop pada baterai. Hal itu memang bisa terjadi pada tipe-tipe laptop jadul (sebelum tahun 1996). Nah, laptop-laptop modern seperti sekarang ini biasanya sudah dilengkapi dengan fitur “Control Battery”. Hal ini bertujuan untuk menghindari pemakaian laptop dengan menggunakan daya listrik DC. Memasang Adaptor secara langsung tanpa memasang baterai pada laptop, akan berpotensi membuat kerusakan pada laptop. Karena apabila suatu saat tegangan listrik dirumah anda padam, maka akan berdampak pada laptop anda. Antara lain, mengakibatkan kerusakan pada HardDisk, Mother board, dll. Tetapi, memang sebaiknya penggunaan dilakukan saat baterai sedang terisi dan tidak sedak melakukan charging.
  9. Hindarkan laptop dari air 
    Mungkin untuk tips yang satu ini sudah banyak orang yang paham. Karena bukan hanya laptop, semua barang elektronik takut terhadap air. Tapi, kalau laptop anda tterkena air, keringkan dulu sampai laptop anda benar-benar kering sebelum anda menggunakan kembali laptop anda.
  10. Selalu gunakan charger original 
    Gunakanlah charger original dari laptop anda. Karena, memang para produsen laptop telah mendesain produk mereka berdasarkan standar-standar kualitas tertentu.
  11. Tutup layar laptop ketika tidak sedang digunakan
    Hal ini dilakukan untuk menghindari jatuhnya kotoran, debu ataupun benda-benda disekitar anda yang bisa merusak monitor maupun keyboard. Kalau bisa, gunakan kain pembatas antara keyboard dan monitor untuk menghindari goresan pada layar monitor. Kalau kita beli laptop baru, biasanya kain pembatas ini disertakan juga.
  12. Gunakan tas khusus 
    Gunakanlah tas khusus ketika anda akan membawa laptop anda bepergian. Biasanya tas laptop memiliki pengikat dan berbahan lembut. Sehingga, bisa melindungi laptop anda dari benturan ataupun goncangan.
  13. Hindarkan laptop dari tempat berdebu 
    Hal ini sangat penting untuk merawat laptop. Ketika anda meletakkan laptop di tempat berdebu, hal ini bisa menyebabkan debu tersebut menempel pada laptop anda. Yang lebih berbahaya lagi, jika sampai debu menempel pada bagian pertukaran udara pada laptop. Hal ini bisa menyebabkan laptop kepanasan yang bisa memicu terjadinya kerusakan pada komponen-komponen bagian dalam laptop.
  14. Pasang AntiVirus 
    Antivirus adalah sebuah software pokok yang harus ada pada laptop maupun pc. Software ini bisa menangkal program-program jahat yang bisa merusak software komputer. Jika laptop anda telah terinfeksi virus, ada kemungkinan hardware laptop anda bisa menjadi rusak. Antivirus tidak perlu yang berbayar. Yang palin penting adalah anda selalu rutin melakukan Update pada Antivirus tersebut supaya antivirus anda dapat mengenal virus yang terbaru. Jika anda bingung memilih antivirus yang baik dan gratis, saya punya daftar antivirus gratis terbaik 2013.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s