Tips Memilih Mouse Wireless

1. PRESISI
SECARA KASAR bisa dibilang DPI atau resolusi gerakan pointer mouse di layar desktop. Semakin tinggi dpi, pergerakan tangan makin minim alias cuman diperlukan geranan pergelangan tangan dan jari saja untuk menggerakkan pointer ke setiap sudut desktop. Itu juga yang orang gembar-gemborkan “lebih presisi”. Ini bisa dibilang fitur ergonomi tambahan selain desain bodi mouse agar mengurangi kelelahan tangan akibat penggunaan mouse yg terlalu lama. makin tinggi dpi semakin presisi tapi ada kelemahan, semakin tinggi presisi semakin sulit membuat tangan terbiasa menggunakan mouse. jadi buat yang ga perlu presisi tinggi cari mouse dengan minimal DPI 1000 dibawah itu dikatakan cukup.
2. DAYA TAHAN BATERAI
Mouse wireless memerlukan batre untuk tenaganya jadi usahakan perhatikan bagaimana produsen membenamkan tehnologi anti borosnya seperti tersedia tombol on/off tersedia mode sleep dan berbagai metode irit baterai lainnya
3. DONGLE RECEIVER YANG KECIL
Ini ga terlalu ngefek yah, tapi receiver yang kecil bagus buat yang ga mau makan tempat dan keren2an aja sih. pernah ada temen ane yang rada udik bingung ini mouse ga pake kabel cara hubunginnya kemana ya? dia bingung soalnya dongle ane kecil dan ga keliatan, ane bil aja sulap wakakakakaa.
4. TEMPAT PENYIMPAN DONGLE
ini penting dan sering di ignore sama pengguna mouse wireless, bukan tempat penyimpanannya yang di ignore tapi copot donglenya yang di ignore, ditempeeeel aja terus tuh dongle di laptop. Emang ga tau yah, komputer pertama kali dinyalakan menghasilkan arus lebih besar dibanding pada saat masuk ke phase selanjutnya, dongle yang dicolok pada saat booting akan menerima aliran arus listrik yang sangat besar yang bisa mengakibatkan dongle error, untuk laptop mungkin tidak terlalu pengaruh ya tapi pengguna pc sebaiknya colok setelah PC dinyalakan pertama kali. nah pada saat dicopot, ini barang kecil nih, klo ga ada tempat penyimpanannya gampang ilang ya ga? repot pula mauu simpen dimana, ane ada pengalaman ini dongle ane tempel pake double tip huakakakaa ada yang mau coba cara ane?
5. PELAYANAN PURNA JUAL
Kebanyakan mouse tidak menyertakan garansi kecuali untuk produk2 dengan merek mahal dan terkenal. umumnya juga harga yang diatas 200rban. Tau ga bahwa umur mouse dihitung dari jumlah kliknya? nah klo agan setiap hari melakukan klik dan belum sampe umur hitung kliknya ud rusak wah rugi sekali gan hehehe.. klo ada garansi kan enak. nah apa aja yang menyebabkan mouse cepet rusak padahal tidak kena air, tidak kena api, tidak kena efek dari emosi agan, tidak merokok, tidak minum2, tidak berjudi dan tidak main perempuan? (ini mouse apa manusia tikus) yaitu penggunaan yang membuat mata optik menjadi lelah yang bisa agan baca di nomor 6
6. DAYA TAHAN OPTIK
Optik ini ibarat mata, sekarang bayangkan mata agan dipakai untuk membaca buku ditempat gelap, ditempat terlalu terang, di dalam air, atau baca buku dari atas monas pake sedotan. apa yang terjadi dengan mata agan? ya benar cepet rusak, khusus yang baca dari atas monas jadi cepet gila juga. nah daya tahan optik adalah berbicara tentang kemampuan mouse untuk membaca diberbagai permukaan. jika agann sudah merasa mouse tidak presisi ketika digunakan pada sebuah permukaan jangan dipaksa, gunakan mousepad. jika dipaksa dijamin cepet rusak.
7. UKURAN DAN KENYAMANAN
Buat agan-agan yang bertangan besar sebaiknya tidak menggunakan mouse yang terlalu kecil, pernah mencoba sepeda roda tiga adik agan? enak ga rasanya? kaki ketekuk ga balance gt hahahaha.. nah sama mouse yang terlalu kecil akan membuat perih sendi jari pada pemakaian yang lama, begitu juga mouse yang terlalu besar akan membuat pergelangan tangan menjadi mudah pegal karena pergelangan tangan kita menumpu tangan yang menghadap keatas. ukuran mouse kecil yang ideal adalah ketika digenggam semua jari renggang dan tidak ada yang menempel antara jadi satu jari dengan yang lain. Sedangkan ukuran yang besar ketika anda dorong keatas dan kebawah pergelangan tangan tidak bergeser. Selain dari ukuran, bahan mouse juga musti diperhatikan. mouse yang nyaman atasnya tidak kasar tapi halus atau glossy namun pinggirnya tersedia karet sehingga nyaman digenggam dan pada saat di klik. perhatikan bunyi kliknya juga, mouse jelek umumnya berbunyi klik nyaring dan keras jika ditekan kayak bunyi knalpot bajaj.
8. PABRIKASI
Last but not least adalah pabrikasi, ini yang kebanyakan dilupain sama pengguna mouse, beli mouse sembarangan dengan pabrikasi yang ga jelas, akhirnya mouse cepet rusak, batre boros dan terkena efek negatif. kebanyakan orang anggep ga penting karena merasa dibodohi oleh merek. yah sebagian besar benar tapi ini adalah cara termudah untuk mengenali kualitas mouse. Bagi kaskuser yang rajin baca artikel mungkin sudah tahu bahwa mouse wireless bisa membawa pengaruh buruk bagi kesehatan. Dengan bahan casing mouse yang buruk, mouse OPTICAL akan menjadi radiasi yang tidak baik bagi tubuh dan Pabrikasi yang baik akan memiliki R&D untuk menangani masalah ini dengan memasukan teknologi mouse kedalam casing yang lebih baik.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s